Tugas mapel ekonomi kelas X

1. Jelaskan yg di maksud dengan lembaga keuangan BANK dan lembaga keuangan NON BANK ?

2. Jelaskan perbedaan antara alat pembayaran tunai dan alat pembayaran non tunai ?

3. Apa fungsi dari kartu kredit dan kartu debit ?

4. Apa tujuan adanya manajemen dalam sektor perbankan. Jelaskan ?

Jawab

Lembaga Keuangan Bank adalah suatu badan usaha yang bergerak di bidang keuangan dimana kegiatannya menghimpun dana dari masyarakat secara langsung dan memberikan berbagai jasa keuangan kepada masyarakat luas. Sedangkan Lembaga Keuangan Bukan Bank adalah semua lembaga/ badan yang melakukan aktivitas keuangan baik secara langsung maupun tidak langsung menghimpun dana dari masyarakata dengan menerbitkan surat-surat berharga dan menyalurkan dana tersebut untuk membiayai investasi di berbagai perusahaan.Alat pembayaran tunai yaitu alat yang dipakai untuk membeli suatu barang atau jasa yang berupa uang secara tunai. Sedangkan alat pembayaran non tunai adalah alat pembayaran yang digunakan untuk membeli barang atau jasa berupa uang yang tidak dibayarkan secara tunai. Alat pembayaran non tunai ini berupa kartu kredit, transfer, atau uang yang dikirimkan melalui tempat atau usaha pengiriman uang. Fungsi kartu kreditKartu kredit sebagai dana emergency, dana emergency berbeda dengan dana tambahan ataupun dana cadangan. Yang dimaksud dengan dana emergency yaitu dana yang dapat digunakan untuk keperluan yang sifatnya gawat darurat atau mendadak, misalnya: harus operasi mendadak, mau melahirkan tapi belum ada biaya dan lain-lain, itulah kegunaan dana emergency.Kartu kredit sebagai dana opportunity yang dimaksud dengan dana, dana opportunity yaitu untuk mengambil peluang bisnis ataupun berinvestasi yang belum tentu saat peluang atau kesempatan itu datang kita ada dana untuk mengambilnya.Fungsi yang selanjutnya dari kartu kredit ini dapat digunakan untuk mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan, sehingga waktu yang kita keluarkan dapat lebih efisien. Bahkan saat ini ada kartu kredit yang memiliki fasilitas untuk membayar pengeluaran rutin, misalnya: tagihan listrik, tagihan telepon, tagihan air dan tagihan lainnya.Lalu fungsi kartu kredit yang lainnya yaitu dapat digunakan untuk mencatat biaya yang kita keluaran secara rutin, sehingga dapat mempermudah kita dalam mengelola keuangan.Biaya yang dikeluarkan atau pengeluaran akan tertera jelas di rekening giro dapat melakukan cross checking dirumah pada akhir bulan.Dan kartu kredit tertentu dapat memberikan servis asuransi kesehatan, pencurian, perjalanan maupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu tersebut “hal ini perlu dibicarakan pada bank ketika transaksi”. Fungsi dari kartu debit adalah untuk memudahkan pembayaran ketika berbelanja tanpa harus membawa uang tunai.     4. Tujuan perbankan sendiri adalah untuk memaksimalkan atau mengoptimalkan nilai kekayaan yang dimiliki oleh para pemegang saham yang mempercayakan dananya ke bank.

Salah satu kegiatan pertama yang dilakukan dalam Manajemen finansial pada bank adalah kegiatan operasional terkait transaksi yang dilakukan nasabah. Pengaturan transaksi nasabah ini bertujuan agar pelayanan yang dilakukan pihak bank bisa sesuai dan memuaskan nasabah.

 Selain itu, adanya pengaturan operasional juga bertujuan untuk menghindari human error dan atau komputer error dalam hal transaksi dana nasabah. Pihak bank swasta tidak boleh menentukan peraturan operasionalnya sendiri tanpa persetujuan atau peraturan yang ditetapkan oleh pihak BI.

 Selain masalah operasional, manajemen perbankan juga bertujuan untuk menganalisa kegiatan penyaluran kredit masyarakat. Manajemen terkait perkreditan sangat penting untuk pihak bank. Dana nasabah dan dana bank yang dikeluarkan terlindungi. Kegiatan ini meliputi pelaksanaan, analisa kredit, dan pengelolaan dana bank.

Apabila pengaturan terkait operasional transaksi dan kegiatan perkreditan telah dilakukan, tahap manajemen finansial selanjutnya adalah manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Harus kita ingat bahwa berhasil tidaknya suatu kegiatan juga tergantung dari bagus tidaknya SDM yang dimiliki.

Karena, SDM inilah yang akan menjadi penentu berkembang tidaknya perusahaan yang sedang dijalankan. Setiap kegiatan dalam perbankan dapat berjalan lancar diperlukan SDM yang berkualitas.

Mungkin sering kita menemui pelatihan yang dilakukan pihak bank untuk meningkatkan kualitas dan mutu dari setiap karyawannya demi memberikan pelayanan yang terbaik kepada nasabah. Pasalnya, pelayanan yang baik tentu akan meningkatkan kepercayaan nasabah terhadap bank tersebut.

Komentar